Root Sony XPERIA J ST26i Jelly Bean Firmware 11.2.A.0.31

blogger templates
hp sony xperia j
Xperia J

Root Sony XPERIA J ST26i Jelly Bean Firmware 11.2.A.0.31

Smartphone diatas meskipun terlihat seksi dan sedap dipandang, namun smartphone ini tergolong smartphone kelas mid-end bahkan sekarang mungkin sudah dikatakan low-end. Ya... Xperia J ini memiliki desain body yang seksi tapi tidak disertai dengan kemampuan yang handal seperti smartphone keluaran sekarang.
Meski demikian, saya masih mencintai dan menyayangi si seksi jessica ini, dengan layar yang cukup besar yaitu 4" dilengkapi dengan Sony Bravia Engine menambah tampilan layar begitu tajam, ditopang dengan OS Android Ice Cream Sandwich dan bisa diupdate ke Android Jelly Bean, layar sentuh yang sensitif tentunya memudahkan dalam urusan penggunaan baik itu untuk mengetik atau yang lainnya.
Namun, saya terpancing dengan omongan sebagian orang, katanya "Android tidak lengkap jika belum diroot". Akhirnya saya pun mencari-cari bagaimana cara me-root si seksi jessica ini, ternyata sangat mudah dan benar-benar mudah tidak sesulit yang pernah saya bayangkan.
Kali ini saya akan berbagi ilmu bagaimana cara me-root Sony Xperia J ini seperti yang telah saya lakukan dan berhasil, 100% work. Namun sebelumnya, saya perlu ingatkan bahwa ketika suatu smartphone diroot maka secara otomatis akan menghilangkan garansi smartphonee tersebut, jadi sbelum anda lakukan, silakan dipikir-pikir beberapa kali sampai anda benar-benar yakin dengan apa yang akan anda lakukan.
Syarat untuk me-root Xperia J yang pertama adalah handphone harus sudah di unlock bootloader, bisa anda baca pada artikel ini.
(cara yang saya pakai ini adalah untuk sony xperia j dengan os android jelly bean firmware 11.2.A.0.3)

Sebelum menuju langkah-langkah dibawah ini, pastikan dahulu anda sudah mencentang Sumber tidak dikenal (dlm bhs indonesia) yang ada pada Setelah>>Keamanan>>. Lalu hidupkan USB Debugging yang bisa anda temui di Opsi pengembang.

Langkah-langkah :
  • Unduh bahan yang dibutuhkan disini.
  • Setelah itu, ekstrak semuanya disimpan dalam satu folder, beri nama bebas contoh "Root Jessica" dan simpan dimana saja, akan tetapi akan lebih mudah jika folder tersebut disimpan di drive C:\Root Jessica (ini cuma contoh).
  • Copy file CWM Super User.zip yang telah anda ekstrak tadi ke memory telepon.
  • Matikan handphone, lalu sambungkan handphone ke komputer dengan mode fastboot yaitu dengan cara menekan dan menahan tombol volume (+) sambil mencolokkan kabel ke komputer dan ke handphone.
  • Setelah itu buka command prompt atau biasa disebut cmd, dengan cara menekan tombol windows+R pada keyboard, lalu arahkan ke folder dimana tadi anda meng-ekstrak file-file bootloader yang telah didownload tadi.
  • Di dalam cmd, ketikkan fastboot.exe -i 0x0fce getvar version untuk memastikan handphone sudah konek ke komputer dengan mode fastboot. (dibutuhkan driver, driver seharusnya sudah terinstall ketika anda meng-unlock bootloader, jika membutuhkan driver lagi silakan download disini.).
    cmd
    cmd
  • Lalu ketikkan fastboot flash boot boot.img lalu enter. Perhatikan gambar dibawah ini
    cmd
    cmd
  • Jika sudah seperti gambar diatas, cabut handphone lalu hidupkan, saat lampu bagian bawah menyala dengan warna pink, segera tekan beberapa kali tombol volume (-) sampai muncul tampilan cwm.
  • Instal superuser yang sudah anda copykan ke memory telpon/eksternal melalui cwm, install zip from file.
  • Setelah selesai reboot handphone lalu cabut batre, dan masukkan lagi batre tersebut dan sambungkan lagi handphone tersebut sambil menekan tombol volume (+)
  • Lalu buka flashtool, jika belum punya silakan download disini. Kemudian install pada komputer/laptop anda, setelah diinstall buka folder driver yang ada pada C:\Flashtool\drivers. Setelah selesai buka aplikasi flashtool ini (biasanya sudah ada shortcut di desktop komputer/laptop anda). Pilih tanda petir>fastboot mode>select kernel to flash> pilih kernel JB yang ada di folder fastboot yang diekstrak tadi (kernel.sin).
    flashtool
    Flashtool
  • Cek log di flashtool, jika sudah tertulis OK berarti anda sukses me-root jessica / sony xperia J anda.
  • Hidupkan handphone anda secara normal, mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. Sabar ya...
Selesai sudah me-ROOT Jessica / Sony Xperia J ST26i anda. Selamat mencoba dan tentunya resiko bukan tanggung jawab kami. Tapi ini sudah terbukti work 100% dan tidak ada masalah selama kita tidak membuat masalah.




UPDATE ... !
Untuk anda yang ingin meng-OverClock Jessica anda menjadi 1,3 GHz, gunakan kernel vengeance yang bisa anda unduh disini. (bagi yang sudah mengikuti proses root seperti diatas, jika ingin mengganti kernel tidak perlu melakukan proses dari urutan pertama, silakan langsung menuju tahap yang saya beri warna merah pada tulisannya). Sebelum anda nekad untuk meng-Overclock jessica anda, akan lebih baik jika anda mencari tahu terlebih dahulu dampak positif dan negatif dari overclock itu sendiri, sebelum salah langkah dan akhirnya menyesal. (Sekali lagi RESIKO DITANGGUNG PENUMPANG).
UPDATE...!
Bagi yang merasa risi dengan notiv "tersedia pembaruan firmware 11.2.A.0.31" padahal HH anda sudah menggunakan firmware tersebut, ini dia cara mengatasinya :
Cara 1>> Ganti kernal dengan kernel yang bisa anda unduh disini.
Cara 2>> Merubah permission pada aplikasi Update Centre. Cara ini dibutuhkan aplikasi seperti "Root Explorer" yang bisa anda unduh disini. Jika sudah diunduh, kemudian install seperti biasa, dan berikut penampakkan root explorer untuk menghentikan notiv pembaruan firmware yang suka muncul dan menjengkelkan.
root explorer
Root Explorer
Jika anda sudah menginstall aplikasi Root Explorer, ijinkan jika superSU meminta izin atas apliasi tersebut. Setelah terbuka aplikasinya, pada root explorer pilih dan buka folder system.
root explorer
Root Explorer
Kemudian buka folder app
root explorer
Root Explorer
Gulir ke bawah, cari aplikasi yang bernama UpdateCenter.apk, klik dan tahan sampai muncul beberapa pilihan dan anda pilih Permissions. Namun sebelumnya jangan sampai lupa untuk merubah Mount R/W menjadi Mount R/O
root explorer
Root Explorer
Setelah jendela permissions terbuka, langkah selanjutnya adalah menghapus semua tanda centang yang ada disitu, kemudian klik OK, keluar dari root explorer, dan restart HH anda.

6 Responses to "Root Sony XPERIA J ST26i Jelly Bean Firmware 11.2.A.0.31"

  1. mohon bantuannya gan, ketika ketik fastboot flash boot boot.img, malah terjadi failed (remote : the devices must be rooted first), gmn mengatasinya?

    BalasHapus
  2. Itu berarti ,belum di unlock bootloader -_-

    BalasHapus
  3. ini kok aplikasi super SU kagak bisa dijalankan..??/

    BalasHapus
  4. Gan saya sudah instal update zip dari sd card tapi kok gk mw nyala ya hp nya

    BalasHapus
  5. Mantap mas
    http://andro25.blogspot.com

    BalasHapus